Listyo Sigit, Jenderal Sederhana Yang Siap Jadi Pelayan Masyarakat

Dia terpilih karena dinilai berhasil membenahi dan membawa institusi Bareskrim Polri makin profesional, juga keberaniannya dalam mengungkap kasus besar.

Top 10 Most Outstanding People adalah daftar 10 tokoh nasional yang luar biasa.

Mereka dipilih karena memiliki peran di bidangnya dengan dedikasi maupun kemampuan yang luar biasa, dan dengan hasil maupun cara yang lebih unggul dari orang lain.

Ini salah satu potret kecil dari sang Jenderal bintang tiga mendedikasikan dirinya untuk kemajuan bangsa tak hanya memberikan kontribusi besar bagi pembangunan di negeri ini, tapi juga mampu memberikan inspirasi bagi orang lain agar turut membangun negeri ini.

Salut!

Komjen Listyo Sigit terlahir dari keluarga besar prajurit TNI Angkatan Darat yang hidup sederhana.

Namun demikian, dirinya tidak lupa untuk senantiasa bersyukur dibesarkan di Kota Gudeg yang memiliki biaya hidup rendah.

“Akan menjadi pelayan” saat warga meminta tolong dan terbelit masalah.

Niat mulianya ini tidak terlepas dalam misi hidup nya, yakni memberikan manfaat kepada masyarakat, dan dalam keyakakiannya apa gunanya hidup jika hanya untuk diri sendiri dan tak memberi manfaat terhadap orang lain.

Sosok energik penuh kesederhanaan, tegas, dan segudang prestasi tak perlu diragukan lagi dalam menjalankan setiap amanah yang ia emban termasuk saat ini sebagai Kabareskrim Polri.

Komjen Listyo Sigit saat menjabat Kadiv Propam Polri adalah figur yang mengeluarkan aturan larangan anggota Polri untuk bergaya hidup mewah.

Larangan bergaya hidup mewah itu, merupakan terobosan karena polisi merupakan aparat penegak hukum dan pelindung masyarakat yang harus memberikan teladan yang baik.

Langkah ini tertuang dalam Surat Telegram dengan nomor ST/30/XI/HUM.3.4/2019/DIVPROPAM yang berisi tentang aturan disiplin anggota Polri, kode etik profesi Polri dan kepemilikan barang mewah oleh pegawai negeri di Polri.

Keteladanan nyata dari jenderal sederhana agar berperilaku dan bersikap yang baik, tidak memperlihatkan gaya hidup yang hedonis terutama Bhayangkari dan keluarga besar Polri.

Masyarakat bersyukur Bareskrim memiliki sosok pemimpin sepertinya.

Bahkan, akan terus mendukung dan berdoa, agar Komjen Listyo Sigit selalu dalam lindunngan tuhan yang maha esa, dan tetap dapat melayani masyarakat dengan penegakan hukum secara adil melalui pendekatan humanistik. (****)

Oleh: Diddy Budiono

Penulis, adalah Sekjend GK Center.

Comments are closed.

%d bloggers like this: