Kapolri Tinjau Vaksinasi Massal di OKI, Capaian Dosis 2 Rendah

 

 

Kapolri Tinjau Vaksinasi Massal di OKI, Capaian Dosis 2 Rendah


SUMEKS.CO, KAYUAGUNG – Kapolri Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo MSi, meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi massal di GOR Biduk Kajang Kayuagung, Kamis 24 Februari 2022.

Pelaksanaan vaksinasi massal tersebut merupakan tahap 2, dengan menyiapkan 2.000 dosis vaksin dosis 2. Targetnya yakni dapat meningkatkan pencapaian vaksinasi dosis 1, 2 dan vaksin booster.

Kapolri Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo MSi mengatakan, kalau sebelumnya angkanya 50 ribu sampai 60 ribu maka dari pelaksanaan ini maka akan bisa mencapai 90 ribu.

“Vaksinasi ini penting dilakukan karena kondisi saat ini varian Omicron masih terus meningkat pergeserannya mulai terasa dari Pulau Jawa dan Bali. Meskipun di jawa trennya menurun, tapi diluar pulau jawa trennya mulai meningkat,” kata Listyo.

“Jadi yang dilakukan saat ini, terus gencar melakukan vaksinasi dosis 1, dosis 2 dan percepatan dosis ke 3 karena ini sangat penting, Indonesia sudah pernah mengalami laju peningkatan varian Delta dan angka kematian sangat tinggi,” tegas Listyo.

Dikatakan, untuk saat ini angka kematian rendah, sekitar 2-3 persen, namun tentunya ini akan mengganggu aktivitas dan tetap beresiko apalagi bagi (masyarakat) vaksinasinya yang belum lengkap. Vaksinasi akselerasi menjadi sangat penting.

“Minimal untuk minggu kedepan ini target vaksinasi dosis 2 minimal 50 persen dan dosis 1 minimal 90 persen. Kecuali di tiga provinsi yang capaian dosis 1 nya masih rendah. Jadi ini terus didorong agar masyarakat semuanya sudah melakukan vaksinasi,” ucapnya.

Apalagi, lanjut Kapolri, melihat titik tertinggi Omicron belum begitu terlihat maka kegiatan vaksinasi harus semakin gencar dilakukan. Kapolri tidak bosan mengingatkan agar masyarakat selalu menggunakan masker apalagi di tempat keramaian.

Terpisah, Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Supriyadi menambahkan, sengaja melakukan kunjungan ke OKI, karena capaian vaksinasi dosis 2 disini masih rendah.

Setelah melakukan kunjungan bersama dengan Gubernur Sumsel, H Herman Deru didampingi Bupati OKI H Iskandar SE, Kapolri langsung bertolak ke Riau dan Aceh melihat pelaksanaan vaksinasi disana.

“Dalam kegiatan kali ini juga melakukan video conference bersama dengan 34 provinsi secara virtual. Semua perwakilan memaparkan hasil capaian vaksinasi yang dilakukan di wilayah masing-masing,” kata Supriyadi. (****)

 

MS

 

Comments are closed.